Kamis, 03 Februari 2022

Semester 1

Prodi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana - Universitas Islam Nusantara

Semester 1 (T.A. 2020/2021)

1. Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan 

(Dosen : Dr. Hanafiah, M.M.Pd & Dr. Achmad Mudrikah, M.Pd) 

2. Intelegensi dan Lingkungan Pendidikan 

(Dosen : Dr. Hendi Suhendra Muchtar, M.Pd)

3. Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional dan Daerah 

(Dosen : Prof. Dr. H. Dadi Permadi, M.Ed & Dr. Hj. Ade Tutty R. Rosa, M.M.Pd)

4. Paradigma dan Manajemen Pendidikan 

(Dosen : Dr. Yosal Iriantara, M.M.Pd)

5. Perbandingan Sistem Pendidikan 

(Dosen : Prof. Dr. Daeng Arifin, M.Si & Dr. Ricky Yoseptry, M.M.Pd)

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan 

1. Penjelasan Dosen : disertai Share Power Point Materi Kuliah 

2. Presentasi Mandiri : 

    a. Review Artikel Kuantitatif

    b. Membuat Proposal Penelitian

3. UAS :

    a. Membuat Tesis - Metode Kualitatif (Berupa gambaran Tesis dari Bab 1-4)

    b. Membuat Proposal Tesis - Metode Kuantitatif

Catatan :

  1. Contoh Judul untuk Review Artikel Kuantitatif : Model Pembelajaran Quantum untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab
  2. Contoh Judul untuk Proposal Kualitatif : Metode Qiroah untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Pada MTs di Kabupaten Purwakarta (Studi Kasus di MTsN 2 Purwakarta dan MTs Nurul Huda)
  3. Contoh Judul untuk Proposal Kuantitatif : Pendekatan Saintific Degree Untuk meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Pada MTs di Kabupaten Purwakarta 
  4. Alur Pemikiran : Mutu Pembelajaran Bahasa Arab rendah, salah satu penyebabnya karena model, metode dan pendekatan yang digunakan guru dalam mengajar bahasa arab kurang tepat, solusi yang ditawarkan yaitu Metode Qiroah, Model Pembelajaran Quantum dan Pendekatan Saintific Degree 
  5. Susunan Proposal Tesis UNINUS (Metode Kuantitatif) bisa dilihat di youtube MP Channel. Klik link berikut : https://youtu.be/7eqjT06AXNE

------------------------------------------

Intelegensi dan Lingkungan Pendidikan 

1. Tugas Mandiri + UTS : dibuat 10 Kelompok dengan Judul yang berbeda

2. UAS : Membuat artikel dengan tema "Pembelajaran dalam situasi Pandemi COVID-19"

Catatan :

1. Contoh Judul Artikel : Kurikulum Darurat pada Madrasah untuk Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

2. Judul Presentasi Kelompok :

    a. 

------------------------------------------

Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional dan Daerah 

Buku Panduan :








1. Tugas Mandiri + UTS : dibuat 7 Kelompok dengan Judul yang berbeda

2. UAS : Membuat artikel 

Catatan :

1. Judul Presentasi Kelompok :

    a. Posisi Perencanaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan 

------------------------------------------

Paradigma dan Manajemen Pendidikan 

1. Tugas Mandiri + UTS : dibuat 12 Kelompok dengan Judul yang berbeda

2. UAS : Membuat Rangkuman Materi/Esai

    a. Maksimal 1,5 Halaman, 29 Baris (Baris 1 : Nama dan NIM, Baris 2 : Judul, 27 Baris Sisa tentang ISI ESAI)

    b. Ms. Word, F4, Spasi 1,5, Times New Roman

 Catatan :

1. Judul Presentasi Kelompok :

    a. Strategi Korporat

------------------------------------------

Perbandingan Sistem Pendidikan 

Buku Panduan :







1. Presentasi 1 : dibuat 6 Kelompok dengan Judul yang berbeda, diambil dari Buku Panduan

    a. Perbandingan Sistem Pendidikan AMERIKA SERIKAT & ARAB SAUDI

    b. Perbandingan Sistem Pendidikan AUSTRALIA & BELANDA

    c. Perbandingan Sistem Pendidikan REPUBLIK RAKYAT CINA (RRC) & INGGRIS (UK)

    d. Perbandingan Sistem Pendidikan REPUBLIK ISLAM IRAN & JEPANG

    e. Perbandingan Sistem Pendidikan JERMAN & KANADA

    f. Perbandingan Sistem Pendidikan REPUBLIK KOREA SELATAN & REPUBLIK KUBA

2. Presentasi 2 : dibuat 6 Kelompok lagi dengan judul Berbeda, judulnya yaitu :

    a. Manajemen Sekolah Efektif (MSE) SD

    b. Manajemen Sekolah Efektif (MSE) SMP

    c. Manajemen Sekolah Efektif (MSE) SMA

    d. Manajemen Sekolah Efektif (MSE) SMK

    e. Manajemen Sekolah Efektif (MSE) MTs

    f. Manajemen Sekolah Efektif (MSE) MA

3. UTS : soal Tulis

4. UAS : Soal Tulis 

Catatan :

  1. Kenapa Sistem Pendidikan di Setiap Negara Berbeda? Karena berbeda Latar belakang sejarah, ideologi negara, bentuk negara dan sistem pemerintahan 
  2. Perbedaan yang dimaksud akan mempengaruhi tujuan pendidikannya.(Indonesia : menjadikan manusia indonesia yang pancasilais, Arab : menjadikan yang agamis, China : Menjadikan komunis sosialis)
  3. Kurikulum Pendidikan dibuat atas  dasar : Humanis, restrukturisasi sosial dan added value skills
  4.  Cara penyampaian kurikulum harus mendukung pencapaian sekolah efektif

------------------------------------------

SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar